Thursday, March 3, 2011

Facebook dan Google Masih Dominasi Perolehan Iklan

TEMPO Interaktif, - Situs jejaring sosial Facebook makin mendominasi pendapatan iklan di dunia maya. Dalam survei yang dilakukan eMarketer, seperti dilansir situs Wall Street Journal, Facebook merebut posisi teratas di pasar online untuk iklan banner, interaktif, dan video.

Diantara situs pencari, Google masih akan mendominasi pasar Amerika Serikat. Survei itu juga menyatakan kerja sama situs pencari milik Microsoft, Bing, dengan Yahoo tidak menyurutkan pendapatan iklan Google.

Tahun ini pangsa pasar Google di Amerika Serikat diperkirakan naik US$ 15 miliar atau sebesar 75 persen dari sebelumnya 71,4 persen pada 2010. Pasar Microsoft juga mengalami kenaikan menjadi 10,8 persen dari sebelumnya 10,2 persen. Sementara itu, situs pencari Yahoo justru turun dari 10,4 persen menjadi 8,1 persen.

Analis eMarketer, David Hallerman, mengatakan beberapa pengamat industri ingin melihat jatuhnya raksasa bisnis Google. "Tapi tidak terjadi. Bisnis Google justru makin kuat," katanya.

Pendapatan iklan Facebook di Amerika Serikat juga meroket, baik untuk iklan banner, interaktif, maupun video. Pangsa pasar Facebook tahun ini ditargetkan naik dari 13,6 persen pada 2010 menjadi 21,6 persen. Tahun lalu pendapatan iklan mencapai US$ 10,1 miliar, tahun ini pendapatan ditargetkan bertambah US$ 2,2 miliar.

Untuk mengimbangi dominasi ini, Google ditargetkan menguasai 12,6 persen pasar iklan display di Amerika. Angka ini naik 9,6 persen dibanding tahun lalu atau sebesar US$ 1,3 miliar.

Neal Mohan, Wakil Presiden Google, menyatakan pasar iklan display mencapai US$ 100 miliar di seluruh dunia selama beberapa tahun mendatang. Hal ini merupakan kesempatan besar bagi Google.

Facebook dan Google melaju lebih cepat dibanding Yahoo dengan menguasai kue iklan lebih banyak. Sedangkan pasar iklan display Yahoo tak banyak bergerak, yakni hanya naik 0,3 persen menjadi 16,4 persen.

Konsolidasi di antara perusahaan-perusahaan elite di dunia maya juga terus berlanjut. Google, Yahoo, Facebook, Microsoft, dan AOL Inc sama-sama menerima 65,3 persen dari seluruh pengeluaran iklan online Amerika Serikat tahun lalu. Angka ini ditargetkan naik menjadi 71,2 persen. Pasar iklan Internet di Amerika diperkirakan mencapai US$ 28,5 miliar tahun ini, naik dari sebelumnya US$ 25,8 miliar.

wall street journal

Sumber Berita : TempoInteraktif.Com

No comments:

Post a Comment